Belajar Bahasa Tionghoa dan Kegunaannya di Indonesia

Belajar Bahasa Tionghoa dan Kegunaannya di Indonesia

Belajar Bahasa Tionghoa saat ini menjadi sebuah tren di kalangan anak muda maupun profesional. Selain bahasa inggris, bahasa Tionghoa merupakan sebuah bahasa yang penting. Faktanya, penutur asli (native speaker) bahasa Tionghoa di seluruh dunia mencapai lebih dari 1 milyar penduduk. Bayangkan, 1 dari 6 orang yang kita temui mampu berbicara bahasa Tionghoa. Alangkah bergunanya jika kita bisa menguasai bahasa Tionghoa.

Apakah Kegunaan Belajar Bahasa Tionghoa?

Belajar bahasa Tionghoa memiliki banyak kegunaan. Yang pertama, tentunya kita sanggup berkomunikasi dengan penutur bahasa Tionghoa yang lain. Kabar buruknya, orang China tidak fasih berbicara bahasa inggris. Kalau kita memaksakan berbicara bahasa inggris ke mereka, tentunya tidak akan nyaman. Mungkin mereka tidak akan menolak berbicara bahasa inggris dengan kita. Namun tentu saja akan lebih senang bagi mereka untuk berbicara bahasa Tionghoa. Penutur bahasa Tionghoa tidak hanya di negara Tiongkok (China) sendiri. Tercatat ada banyak negara yang penduduknya berbicara bahasa Tionghoa. Sebut saja Singapura, Malaysia, Taiwan, HongKong. Di negara-negara seperti Thailand, Australia, Indonesia, Vietnam, Amerika Serikat, dan Kanada pun penutur bahasa Tionghoa cukup banyak. Bahkan di negara-negara seperti Afrika ada juga China Town. Bayangkan betapa bergunanya bahasa Tionghoa.

Belajar Bahasa Tionghoa

Belajar Bahasa Tionghoa

Keuntungan kedua mampu berbahasa Tionghoa yaitu ekonomi negara China yang sangat berkembang saat ini. Menurut Bank Dunia, China adalah kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia saat ini, setelah Amerika Serikat. Bahkan diprediksi di tahun 2045, China akan menjadi kekuatan ekonomi terbesar di dunia. Hal ini merupakan sebuah ancaman, atau kesempatan, tergantung dari sudut mana kita melihatnya. Tiongkok menguasai hampir semua bidang di dunia, dari ilmu pengetahuan sampai olahraga. Dari budaya sampai dunia IT dan startup. Alibaba, Xiaomi, Lenovo, dan Huawei adalah beberapa merek negara Tiongkok yang sudah mendunia. Bahasa Tionghoa sangatlah penting kalau kita mau ambil bagian dari tren ekonomi ini. Selain kita dapat melakukan impor dari negara China, kita juga mampu melakukan ekspor. Produk-produk Indonesia seperti kopi, mie instant, sarang burung walet, dll sangat digemari orang China (Tiongkok).

Belajar Bahasa Tionghoa

Belajar Bahasa Tionghoa

Manfaat ketiga yang kita dapatkan saat mampu berbicara bahasa Tionghoa yaitu kita akan dapat bekerja atau berwisata di negara Tiongkok. Tiongkok yang luasnya adalah salah satu terbesar di dunia memiliki alam yang luar biasa bagus. Tiongkok memiliki kota-kota besar seperti Shanghai dan Beijing yang sangat metropolitan. Di tahun 2022, Asian Games akan diselenggarakan di kota Hang Zhou di China. Hang Zhou yang merupakan headquarter dari Alibaba merupakan kota favorit di China dengan West Lake yang terkenal. Kesempatan kerja di China sangat luas, dan mereka cukup welcome dengan pekerja dari luar negeri seperti Indonesia. Perusahaan-perusahaan Tiongkok suka belajar dari budaya negara lain

Apakah Belajar Bahasa Tionghoa Sulit?

Nah sekarang pertanyaannya seberapa sulit belajar bahasa Tionghoa. Huruf mandarin sendiri ada sekitar 4000 sampai 5000 karakter. Luar biasa sulit tampaknya belajar bahasa Tionghoa. Tapi jangan kawatir. Seperti halnya bahasa lain, kita tidak perlu menguasai semua dari huruf Tionghoa untuk dapat berbicara secara fasih. Hal itu tergantung dari objektif kita dalam belajar. Tentu saja kalau kita mau menjadi expert di bahasa Tionghoa, kita wajib menguasai minimal 2000 karakter Tionghoa (yang disebut sebagai Hanzi). Namun kalau tujuan kita belajar bahasa Tionghoa yaitu lebih ke arah sanggup berkomunikasi, kita lebih tekankan ke percakapan (conversation). Selama kita sanggup mendengarkan (listening) dan berbicara (speaking), kita akan bisa survive. Tentu saja tidak mungkin tidak belajar karakter Tionghoa sama sekali. Kalau kita pernah ke Tiongkok, kita tahu bahwa penulisan nama tempat misalnya bus stop adalah dalam bahasa Tionghoa dan bukannya dalam pinyin (tulisan a, b, c nya).

Belajar Bahasa Tionghoa

Belajar Bahasa Tionghoa

Apa Saja Tips Belajar Bahasa Tionghoa?

Tips Belajar Bahasa Tionghoa yang pertama yaitu practice, practice, practice. Tidak ada bahasa apapun yang bisa dikuasai tanpa latihan. Berlatihlah setiap saat. Tentu saja sekarang lebih mudah karena youtube banyak menyediakan video ber bahasa Tionghoa. Namun youtube tentu saja sebagian besar diperuntukkan untuk penutur asli yang sudah fasih. Kalau anda memiliki partner berbicara bahasa Tionghoa, berlatihlah sesering mungkin. Jika anda tidak memiliki partner berbicara bahasa Tionghoa, anda dapat mengikuti kursus bahasa Tionghoa di Infinity Education, kursus bahasa Tionghoa terbaik di Jakarta dan Tangerang.

Tips kedua untuk belajar bahasa Tionghoa yaitu hafalkan kata-kata sebanyak mungkin (vocabulary). Tidak mungkin sanggup lancar bahasa Tionghoa tanpa menghafalkan kata-katanya. Bahasa yang kita gunakan sehari-hari pada dasarnya terdiri dari sekumpulan kosakata. Namun yang perlu diperhatikan, jangan menghafal kata-kata tanpa konteks (out of context). Karena sebuah kata akan beda artinya jika digunakan di kondisi (konteks) yang berbeda.

Belajar Bahasa Tionghoa

Belajar Bahasa Tionghoa

Selain kedua tips di atas, ada 1 tips lagi yang penting yaitu tidak perlu sempurna. Kita kadang malu kalau pengucapan bahasa Tionghoa kita belum sempurna, tapi it’s ok. Kita dapat memulainya dengan bahasa Tionghoa yang sederhana. Seiring berjalannya waktu ketika bahasa Tionghoa kita sudah semakin sempurna, kita dapat menggunakan bahasa Tionghoa yang lebih kompleks. Yang penting mulai dulu, tidak usah takut memulai.

Kalau anda mau mencari kursus bahasa Tionghoa di Jakarta atau Tangerang, anda dapat menghubungi Infinity Education di nomor (021) 29238812 atau WA 081315476062. Infinity Education memiliki tenaga pengajar lulusan Tiongkok dan Taiwan, kurikulum standar internasional (Beijing), dan sistem pengajaran yang sangat FUN.

Belajar Bahasa Tionghoa

Belajar Bahasa Tionghoa

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *