Perbedaan Kurikulum di Sekolah-Sekolah di Indonesia

Banyaknya jenis sekolah-sekolah di Indonesia sering membuat bingung orang-orang. Apa saja sih
jenis sekolah-sekolah yang sering kita dengar?
1. Sekolah Nasional
Sekolah nasional adalah sekolah yang menggunakan kurikulum Indonesia dengan bahasa pengantar bahasa Indonesia. Sebagian besar sekolah negeri menggunakan kurikulum nasional.
2. Sekolah Nasional Plus
Sekolah nasional plus adalah sekolah yang masih menggunakan kurikulum Indonesia, namun dengan penekanan bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya (seperti bahasa Mandarin, Arab, Perancis, Korea, dll). Sekolah nasional plus kadang menggunakan bahasa pengantar bahasa inggris di beberapa textbook mereka, walau bahasa pengantar di kelas biasanya masih menggunakan bahasa Indonesia. Di daerah Jakarta atau Serpong sendiri ada banyak sekolah yang termasuk dalam kategori sekolah Nasional Plus, seperti sekolah Pahoa atau sekolah BPK Penabur.
3. Sekolah Internasional
Sekolah internasional adalah sekolah yang mengadopsi kurikulum luar negeri seperti Amerika atau
Singapura. Buku-buku (textbook) yang digunakan pun menggunakan textbook dari negara asal
mereka, dan bahasa pengantar yang digunakan di sekolah menggunakan bahasa inggris. Ujian yang akan murid-murid ikuti juga mengikuti negara asli mereka. Banyak orang tua yang menyekolahkan anak-anaknya di sekolah Internasional dikarenakan mereka ingin anak-anaknya memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup baik, atau bahkan mereka ingin anak-anaknya bersekolah di luar negeri di masa depan. Sekolah Pelita Harapan di Lippo Karawaci Tangerang adalah salah satu contohnya.
Menurut kamu, kamu ingin sekolah di mana guys? Sekolah Nasional, Nasional Plus, atau

Internasional?

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *