Strategi Mengerjakan Reading Comprehension di TOEFL PBT

Salah satu bagian dari TOEFL PBT adalah Reading Comprehension yang juga merupakan bagian terakhir. Pada bagian ini, terdapat 50 pertanyaan, yang terdiri dari dari 5 sampai 7 wacana dan harus dikerjakan dalam waktu 55 menit. Kesulitan terbesar yang dihadapi, biasanya adalah jumlah soal dan wacana yang banyak. Selain itu, kadang ada beberapa kata atau pertanyaan yang sulit untuk dipahami. Salah satu hal yang bisa membuat kita mengerjakan bagian ini dengan lebih mudah adalah memahami jenis-jenis soal. Hal ini dikarenakan ada banyak jenis soal yang berbeda dalam Reading Comprehension.
Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai soal-soal apa saja yang biasanya muncul dalam Reading. Kemudian, akan dibahas bagaimana cara menjawab soal TOEFL Reading tahap demi tahapnya. Setidaknya, ada 10 jenis pertanyaan dalam bagian ini. Berikut akan kami uraikan beberapa Tipe Pertanyaan Reading Comprehension dan strateginya :

 
1.Main idea questions
Pada jenis soal ini, kita diminta mengidentifikasi topik utama ataupun gagasan keseluruhan yang merangkum keseluruhan isi paragraf. Contoh soal yang sering keluar adalah sebagai berikut :
What is the main idea of the passage?
 With which of the following is the passage mainly concerned?
 What is the main part of the passage?
 Which of the following does the author mainly discuss?
 Which of the following would be the best title?
Strategi Cara menjawab TOEFL Reading jeni ini adalah kita harus mengetahui gagasan utama wacana tersebut. Caranya cukup baca 1 kalimat awal tiap paragrapf, kita rangkum kembali menjadi satu kesatuan dan kita akan langsung mengetahui jawabannya. Kadang-kadang, kita juga perlu membaca kalimat terakhir setiap paragraph agar maknanya lebih jelas.
2. Inference questions – specific applications
Pada jenis soal ini, kita akan diminta untuk membentuk kesimpulan berdasarkan informasi yang dibahas dalam bagian paragraf-paragraf tertentu. Contoh soal yang sering keluar adalah sebagai berikut :
Which of the following does the author imply?

 Which of the following can be inferred from the passage?
Pada saat mengerjakan soal seperti ini, pastikan kita memeriksa satu-persatu pilihan jawaban yang tersedia dan pastikan apakah pilihan jawaban itu ada pada paragraf atau tidak. Biasanya kita diminta cari satu pilihan yang salah/ mana yang tidak disebutkan. Strategi berikutnya adalah lihat baik-baik objek / kata utama dalam pilihan ganda lalu anda langsung gunakan metode skimming dimana kalimat yang berisi pilihan ganda tersebut lalu baca kalimatnya dengan lengkap dan kita langsung mengetahui apakah pilihan ganda itu benar atau salah.

 
3.Inference questions – general applications
Jenis soal ini akan meminta kita untuk menerapkan informasi dari bagian situasi umum di luar bagian ini. Contoh soal yang sering keluar adalah sebagai berikut :
How does the author feel about the characters mentioned in the passage?
 Which of the following best describes the author’s purpose?
 What is the general tone of the passage?
Untuk menjawab soal ini, kita dituntut untuk mengetahui karakter, tujuan atau penekanan yang secara tersirat menjadi ciri khas penulis dalam membuat paragraf tersebut. Caranya adalah baca tiap 1 kalimat awal disetiap paragraf dan juga baca 1 kalimat akhir pada paragraf paling terakhir.

 
4. Factual questions – positive
Mengetahui informasi spesifik dibahas dalam bagian paragraf-paragraf yang ada adalah hal yang patut diperhatikan ketika mengerjakan soal ini. Hal ini sangat penting karena anda harus
mengetahui dengan detail setiap bagin-bagian paragraf dengan benar. Contoh soal yang sering keluar adalah sebagai berikut :
Which of the following questions does the passage answer?
 According to the passage, which statement is true?
 When did ‘something” happen?
 Who did “something”?

Strategi Cara menjawab TOEFL Reading jenis ini adalah anda hampir sama dengan strategi ke dua bedanya dalam hal ini kita harus mimilih satu pertanyaan yang benar dari pilihan ganda yang isi pernyataanya salah. Strateginya anda harus men-check satu persatu pilihan jawaban yang tersedia dan pastikan apakah pilihan jawaban itu ada pada paragraf atau tidak. Strategi berikutnya adalah lihat baik-baik objek / kata utama dalam pilihan ganda lalu anda lansgsung skimming dimana kalimat yang berisi pilihan ganda tersebut lalu baca 1 kalimatnya dengan lengkap dan anda langsung mengetahui apakah pilihan ganda itu benar atau salah.

 
5. Factual questions – negative
Dalam pertanyaan ini, kita diminta untuk mengidentifikasi informasi tidak dibahas dalam bagian ini atau secara tersirat informasinya. Contoh soal yang sering muncul adalah sebagai berikut :
The author discussed all the following in the passage EXCEPT …
 According to the passage, which is the most likely reason?
 Which of the following is NOT mentioned in the passage?
Strategi Cara menjawab TOEFL Reading jenis ini adalah kita harus memeriksa satu-persatu pilihan jawaban yang tersedia dan pastikan apakah pilihan jawaban itu ada pada paragraf atau tidak. Biasanya anda diminta cari satu pilihan yang salah/ mana yang tidak disebutkan. Strategi berikutnya adalah lihat baik-baik objek / kata utama dalam pilihan ganda lalu anda langsung mencari dimana kalimat yang berisi pilihan ganda tersebut lalu baca kalimatnya dengan lengkap dan anda langsung mengetahui apakah pilihan ganda itu benar atau salah.

 
6. Analogy questions
Kita akan diminta untuk membandingkan pertanyaan pilihan jawaban untuk ide-ide yang dibahas dalam bagian ini. Contoh soal yang sering keluar adalah sebagai berikut :
Which of the following is like “the main idea?”
 Doing “something” is analogous to which of the following?
Strategi dalam engerjakan soal ini adalah kita harus membaca satu persatu pilihan jawaban yang tersedia dan memilih satu jawaban benar yang sangat mendekati untuk dijadikan gagasan utama. Biasanya pilihan ganda lainnya sangat mendekati kita harus memilih jawaban yang tepat dan merangkum semua isi tiap paragraf. Jangan pilih jawaban yang terlalu spesifik hanya ada di satu paragraf saja, apalagi memilih jawaban yang terlalu umum yang tidak disebutkan objek / subjek atau tempat pada isi tulisannya.

 

7. Written Expression Questions
Tipe soal ini akan einta kita untuk mencari arti kata-kata dalam konteks suatu bagian atau merujuk ke salah satu bagian dalam kalimat untuk kata ganti. Contoh soal yang sering keluar adalah sebagai berikut :
The word this in the last sentence refers to…
 What does “word” mean in the context of this passage?
Saat menjawab soal ini, pastika kita memilih satu kata ganti yang tepat secara arti dan konteks dengan kata yang jadikan soal. Lihat soal dan cari dimana kata yang ada disoal berada di paragraf apa. Lalu baca kalimatnya secara penuh dan coba artikan. Mengetahui arti akan memudahkan dalam mengisi.

 
8. Organization Questions
Pada jenis soal ini, anda akan diminta untuk menentukan bagaimana penulis dalam menyajikan informasi. Pada hal ini anda harus membaca 1 kalimat paling awal dari tiap paragraf dan anda akan mengetahui jawabannya.
Cara Mengidentifikasi pertanyaannya :
How is the information in the passage organized?
 How is the information in the second paragraph related to the information in the first paragraph?
Untuk mencari jawabannya, secara umum dapat ditentukan dengan melihat kalimat pertama setiap paragraf. Kita dapat membaca baris pertama setiap paragraph, lalu lihat kata yang tampak memiliki kaitan antar paragaf dan pilih jawaban yang memiliki kaitan paling kuat.

 
9.Following Pessage or Preceding Pessage
Dala tipe soal ini, kita akan diminta untuk menebak informasi apa yang mungkin diceritakan setelah paragraf terakhir (following passage) dan kalau preceding passage pada jenis ini anda diminta menebak apa yang mungkin diceritakan sebelum paragraf awal muncul. Contoh soal yang sering keluar adalah sebagai berikut :
Which the following passage in the next paragraph, the author will tell about?
 Which the preceding passages probably discuss?

Ketika mengerjakan soal ini, pada following passage, kita harus untuk menebak informasi apa yang mungkin diceritakan setelah paragraf terakhir. Caranya, cukup baca kalimat terakhir pada paragraf paling terakhir dari bacaan. Maka kita bisa menemukan jawaban yang sesuai.

 
10. View point questions
Jenis soal ini akan meminta kita untuk menentukan penulis nada, sikap atau tujuan dari sang penulis. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan hal tersebut:
How does the author feel about the characters mentioned in the passage?
 Which of the following best describes the author’s purpose?
 What is the general tone of the passage?
Strategi Cara menjawab pertanyaan jenis ini adalah kita harus mengetahui karakter atau tujuan penulis, atau penekanan yang secara tersirat dari si penulis dalam membuat paragraf tersebut. Caranya adalah baca tiap kalimat awal disetiap paragraf dan juga baca tiap kalimat akhir pada paragraf paling terakhir.
Dari semua jenis pertanyaan diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa, dalam mengerjakan Reading Comprehenssion hal terpenting yang harus kita pahami adalah apa jenis pertanyaannya dan bagaimana cara menjawabnya. Jika kita bisa menguasai itu, maka ketika mengerjakan bagian ini, kita akan merasa lebih mudah.

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *