TOEFL PBT – Format Listening

Salah satu tes Bahasa Inggris yang banyak diminati adalah TOEFL (Test of English as a Foreign Language). Tes ini berguna sebagai alat ukur untuk mengetahui seberapa dalam pengetahuan dan pemahaman tentang Bahasa Inggris. TOEFL memiliki beberapa tipe, salah satunya adala tipe PBT (Paper Based Test). Didalam tipe ini, tebagi menjadi 3 bagian, yaitu Listening, Structure & Written Expression dan Reading Comprehenssion. Dalama artikel kali ini, kita akan membahas lebih jauh tentang Listening pada TOEFL PBT.

Pada Listening TOEFL PBT terdapat 50 pertanyaan yang terbagi dalam 3 bagian. Bagian pertama terdiri dari 30 pertanyaan. Pada tiap nomor, akan ada audio yang diputarkan sebelum menjawab pertanyaan yang sudah disediakan. Pada bagian ini,pertanyaan akan berpusat kepada percakapan 2 orang mengenai kehidupan sehari-hari. Durasi untuk bagian ini adalah 35 menit.

Setelah mengerjakan bagian ini, akan ada part b yang hamper mirip dengan part a. Pada Part b, terdapata 8 soal dan 2 audio. Bagian ini masih berupa percakapan antara 2 orang, namun durasi percakapan nereka lebih panjang dan sulit dibandingkan yang sebelumnnya.

Bagian terakhir, yaitu Part C, terdiri dari 12 pertanyaan dan 3 audio. Jika Part A dan B membahas cerdasarkan percakapan 2 orang, kali ini berbeda. Bagian ini akan membahas berdasarkan monologue. Bagian ini adalah bagian terakhir dan yang tersulit dari bagian lain dalam Listening.

Dalam mengerjakan soal Listening ada beberapa tips yang bisa digunakan. Pertama, konsentrasi. Konsentrasi tinggi sangat diperlukan dalam mengerjakan soal ini. Singkirkan hal-hal yang bisa mengganggu kita. Kedua, pada bagian pertama, fokuslah pada pembicara ke 2. Biasanya, disitulah letak jawaban yang kita butuhkan. Ketiga, pada saat mengerjakan soal bagian B dan C, coba buat catatan dalam pikiran kita. Ambil kata-kata kunci yang berpotensi menjadi jawaban. Selain itu, coba lihat dan pahami soal-soal yang ada. Dengan begitu,kita akan lebih mudah mengerjakan soal-soal Listening TOEFL PBT. Selain itu, jangan lupa untuk terus latihan dengan tekun.

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *